Impact Stories

MunchJoy.id! No More Queue for food!

Do you often queue long when ordering the food you like, whether at the malls, cinemas, or restaurants?

If you are saying “waiting is the most saturating thing”… Well, no more worries! This problem is no longer an issue. Willyanto XLFL Batch 7 is one of the founders of MunchJoy.id. Willyanto takes on the role of Chief Technology Officer and is fully responsible for application development.

Read More

Tahun Berganti, Semangat Positif Harus Naik Lebih Tinggi

“Banyak hal yang tidak dapat dikontrol dalam hidup seperti tuntutan atasan, omongan teman, permasalah keluarga, hingga Pandemi Covid-19 ini, tetapi ada satu hal yang dapat dikontrol yaitu diri sendiri. Oleh karena itu diakhir tahun 2020, marilah berfokus untuk melakukan refleksi dan evaluasi diri sendiri serta memikirkan strategi baru untuk menyambut tahun 2021 agar tetap bisa memberikan semangat positif bagi diri sendiri dan lingkungan.” –Jessica Farolan-

Tidak terasa hampir satu tahun, kita menjalani masa Pandemi Covid-19 dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara terbatas dan tentunya berdampak luas bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Tak terkecuali Jessica Farolan seorang Psychological Health Trainer di Aethra Learning Center yang merupakan biro penggembangan sumber daya manusia berbasis psikologi positif serta informasi terkait kesehatan mental. Jessica akan berbagi cerita terkait perubahan-perubahan kegiatan yang dialami serta bagaimana menyambut tahun 2021 meskipun tetap berada di kondisi pandemi ini.

Read More

To Serve, Not to be Served – A 2020 Kaleidoscope from Maluku

George Raden Mas Said – XLFL Batch 1
A Doctor in Puskesmas Perawatan Laimu, Maluku Tengah, Maluku


“The only thing that differentiates one another this year is people’s ability to display & process gratitude.”

These are the words that came from George when I asked him a single sentence to elaborate on the year 2020. While most people are busy chasing productivity and new activities, George chooses to be busy being grateful. In his perspective, which I personally also agree with, everyone faces the same episodes this year, but the coping mechanisms from each of them are different. Although the process is different, what’s lacking the most in the “finish line” is how one could stay grateful this year.

Read More

Women, Let’s Be Your Own Hero With Women Beyond!

“Believe in your important values, recognize your strength and find other like-minded individuals to do some little actions for the betterment of our society”

– Anggita Veronica M, Women Beyond’s VP of Knowledge and XLFL Batch 7 Awardee-

 

Women Beyond is a social movement that aims to inspire and empower women in leadership against gender-based discrimination.Women Beyond believes women’s rights are human rights. When everyone can have access to basic human rights, they can have an inclusive quality of life where no one is limited by their identity.

Read More

Tentang Quarter Life Crisis Bersama Teras Rehat

Dimulai dari kegelisahan pribadi seorang Andra Alfarisz yang datang dari XLFL Batch 7 kelas Medan, sehingga berinisiasi membuat sebuah proyek sosial untuk membantu anak muda menghadapi ‘quarter life crisis’. Penasaran? Yuk ikuti ceritanya melalui artikel ini 😊

Read More

Memperjuangkan Lingkungan (di Masa Pandemi): Abe dengan World Cleanup Day Indonesia

Permasalahan sampah di Indonesia sudah tidak asing lagi terdengar dan menjadi isu lingkungan yang sangat membutuhkan penanganan yang serius dan berbeda. Hal ini dikarenakan dampaknya yang berlarut dan menimbulkan efek lainnya yang mengganggu berbagai sektor kehidupan, utamanya di kota-kota besar. Hal ini menggelitik seorang Andy Bahari—lebih sering disapa sebagai Abe—untuk mencari solusi dan memperpendek dampak yang ditimbulkan dari permasalahan sampah ini.

Read More

Aku, Bahasa, dan Menjadi Duta Bahasa

Haris Hendrik, Terbaik II Duta Bahasa Yogyakarta & Sumatera Barat

Sheila Firda, Duta Bahasa DKI Jakarta

“Ini akan terdengar sedikit klise, tapi isu bahasa di Indonesia itu menjadi suatu hal yang rumit. Banyak anak muda Indonesia itu punya kecenderungan untuk menjadi seorang xenomania, kesukaan berlebih terhadap sesuatu yang berasal dari asing. Padahal bahasa kita itu sudah sangat kaya, Indonesia adalah negara kedua dengan kekayaan bahasa daerah di dunia sebanyak 668 bahasa.  Artinya, yang harus kita lestarikan itu tidak hanya Bahasa Indonesia, tetapi juga bahasa daerah kita.”

Read More

Wawancara Eksklusif Bersama Amanda Margareth

Amanda Margareth, Juara II Mahasiswa Berprestasi Nasional 2020 sekaligus pengarang 2 buku, yaitu “Enigma” & “Museum dan Kita”.

Yuk, langsung kita cari tahu bagaimana sih kehidupan sehari-hari Amanda sebagai seorang penulis? 

Read More

Budaya, Beasiswa, dan Budidaya

Jadi kangen sama suasana jajanan kaki lima. Tentunya berada di sini, bikin aku kangen keluarga, makanan, kenyamanan, kadang kangen juga dengerin suara adzan, apalagi nongkrong bareng sama teman – teman di Indonesia.

Rindu itu berat, dan suasana jajanan kaki lima setelah keluarga adalah hal-hal yang paling membuat rinduku dengan Indonesia begitu banyak.

Read More

Berkontribusi, Mulai dari Daerah Kelahiran hingga Indonesia

Ahmad Bismillahi Normansyah, XLFL Batch 1 Bandung, CoFounder Jong Situbondo dan Putra Daerah Membangun.

 

“Berawal dari kerjasama dengan teman-teman se-organisasi mahasiswa Kabupaten Situbondo dan dengan semangat persatuan serta cinta kota kelahiran, Bisma membangun Jong Situbondo (@JongSitubondo) pada tahun 2011. Selain berfokus pada Kabupaten Situbondo, Bisma bersama teman-temannya juga merangkul pemuda Indonesia yang memiliki organisasi kedaerahan lainnya dan tergabung dalam forum Putra Daerah Membangun (@putradaerah_id). Menurut Bisma, ada 4 hal yang harus diperhatikan saat ingin membangun sebuah organisasi yaitu cari masalah dasar, cari jalan keluar terbaik, kemudian membentuk sebuah alat untuk mengerjakan solusi dan menunjukkan kesungguhan untuk mencapai tujuan akhir.”

Read More