Berkontribusi, Mulai dari Daerah Kelahiran hingga Indonesia

Ahmad Bismillahi Normansyah, XLFL Batch 1 Bandung, CoFounder Jong Situbondo dan Putra Daerah Membangun.

 

“Berawal dari kerjasama dengan teman-teman se-organisasi mahasiswa Kabupaten Situbondo dan dengan semangat persatuan serta cinta kota kelahiran, Bisma membangun Jong Situbondo (@JongSitubondo) pada tahun 2011. Selain berfokus pada Kabupaten Situbondo, Bisma bersama teman-temannya juga merangkul pemuda Indonesia yang memiliki organisasi kedaerahan lainnya dan tergabung dalam forum Putra Daerah Membangun (@putradaerah_id). Menurut Bisma, ada 4 hal yang harus diperhatikan saat ingin membangun sebuah organisasi yaitu cari masalah dasar, cari jalan keluar terbaik, kemudian membentuk sebuah alat untuk mengerjakan solusi dan menunjukkan kesungguhan untuk mencapai tujuan akhir.”

Ahmad Bismillahi Normansyah atau biasa dipanggil Bisma, adalah salah satu alumni XL Future Leaders batch 1 yang memiliki kepedulian tinggi akan kontribusi putra-putri daerah khususnya di daerah asal Bisma, yaitu Kabupaten Situbondo. Berawal dari kerjasama dengan teman-teman se-organisasi mahasiswa Kabupaten Situbondo yang tersebar di berbagai kota di Indonesia untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagi kota kelahiran mereka dan dengan semangat persatuan dan cinta kota kelahiran, lahirlah Jong Situbondo (@JongSitubondo) pada tahun 2011.

Jong Situbondo merupakan organisasi kepemudaan sebagai wadah kolaborasi pemuda Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Bisma melihat bahwa Kabupaten Situbondo sudah kehilangan putra-putri terbaiknya karena mayoritas pelajar menempuh pendidikan lebih lanjut keluar daerah dan melanjutkan karir di kota besar. Melalui organisasi ini, Bisma turut membantu mengembangkan Kabupaten Situbondo dengan memberikan ruang kepada putra-putri Kabupaten Situbondo untuk berkembang.

Ada 3 lini yang menjadi penggerak organisasi Jong Situbondo ini, yaitu pendidikan, social & community development, dan kewirausahaan. Pendidikan, setiap tahun Jong Situbondo memfasilitasi putra-putri daerah yang tidak mempunyai akses informasi terkait strategi pendidikan tingkat lanjut melalui Festival Pendidikan. Sejak tahun 2016, Camp Situbondo juga mulai diadakan untuk memfasilitasi putra-putri daerah agar dapat diterima di kampus-kampus terbaik Indonesia. Social & Community Development, Jong Situbondo bersama komunitas perikanan setempat membuat Rumah Ikan (rumpon) untuk membantu nelayan di sepanjang Pantai Kabupaten Situbondo sehingga bisa meningkatkan pendapatan mereka serta memfasilitasi masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi rendah dengan mengadakan pasar murah. Kewirausahaan, Jong Situbondo melaksanakan mini inkubasi bisnis bagi teman-teman muda Situbondo yang memiliki visi & misi untuk mandiri.

Selain berfokus pada Kabupaten Situbondo, Bisma bersama teman-temannya juga melebarkan sayap untuk merangkul pemuda Indonesia yang memiliki organisasi kedaerahan lainnya. Mereka semua tergabung dalam forum Putra Daerah Membangun (@putradaerah_id) yang memiliki keinginan untuk membangun daerahnya masing-masing. Saat ini, Putra Daerah Membangun sudah memiliki anggota di 34 provinsi di Indonesia.

Menurut Bisma, ada 4 hal yang bisa dijadikan dasar pemikiran bagi banyak anak muda yang ingin membangun sebuah organisasi untuk memberikan dampak luas kepada masyarakat. Pertama, cari masalah dasar yang ingin diselesaikan. Kedua,  cari jalan keluar terbaik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut (proses iteratif). Ketiga, bentuklah sebuah alat untuk melaksanakan solusi tersebut misalnya melalui sebuah forum/organisasi yang sesuai dengan tujuan pada tahap sebelumnya. Keempat, tunjukkan kesungguhan melalui manifestasi waktu, tenaga, pikiran, dsb untuk mencapai tujuan akhir yang diharapkan. Dan untuk menyelaraskan semua kegiatan yang dimiliki, Bisma menggunakan matriks prioritas dalam kehidupan sehari-hari sehingga semua hal dapat terselesaikan dengan efektif dan efisien.

“Terima kasih kepada keluarga besar XL Future Leaders yang telah membentuk kepercayaan diri saya, sehingga bisa mencapai mimpi-mimpi hingga di titik saat ini. Tetap semangat semuanya!”

 

Ditulis oleh : Agnes Angela Stepanie Siregar (XL Future Leaders Batch 7 Medan)